Balkonjazz Festival 2019, Sebuah Harmoni Yang Berpadu Dengan Kearifan Lokal

Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN), Jatmika Budi Santoso memaparkan, gelaran Balkonjazz Festival merupakan pesta perayaan hari jadi Balkondes kedua, yang mana di dalamnya terdapat sebuah sajian menarik yang disuguhkan secara khusus untuk masyarakat Indonesia.

Balkondes sendiri adalah salah satu program prestisius dari Kementrian BUMN, yang dibangun dengan tujuan untuk menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata, yaitu melalui didirikannya balai ekonomi dan homestay yang dikelola secara langsung oleh masyarakat yang berada di sekitaran kawasan Candi Borobudur.

Balkondes Tuksongo yang dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Balkonjazz Festival ialah satu dari 20 Balkondes yang tersebar di beberapa titik di sekitar Candi Borobudur.

Seperti yang diketahui oleh masyarakat Indonesia maupun dunia, Candi Borobudur sebagai World Heritage telah menjadi destinasi favorit yang dipilih banyak kalangan untuk melancongkan dirinya. Dalam perjalanannya selama ini, Balkondes selalu menjadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan berbagai destinasi wisata yang tersebar di berbagai lokasi di seputaran Borobudur.

“Kunjungan Wisatawan Ke Candi Borobudur Maupun Ke Beberapa Destinasi Wisata Lainnya Yang Tersebar Di Sekitarnya Menjadi Hal Yang Membahagiakan Untuk Perkembangan Ekonomi Di Indonesia, Khususnya Bagi Masyarakat Sekitar.

Dengan Adanya Balkondes, Tentunya Menjadi Solusi Yang Baik Bagi Para Wisatawan Yang Ingin Menambah Waktu Lama Tinggalnya.

Semakin Lama Wisatawan Untuk Menetap, Hal Itu Tentunya Akan Berdampak Baik Bagi Pergerakan Ekonomi, Terutama Bagi Masyarakat Di Sekitar Destinasi Wisata,”

Pungkas Jatmika.

Jatmika melanjutkan, Balkondes dibangun tidak hanya sebagai tempat tinggal sementara bagi wisatawan, namun juga menjadi destinasi yang mampu memberikan pengalaman menarik.

Melalui konsep The Experience of Village Atmosphere, wisatawan akan merasakan secara langsung bagaimana terlibat membuat kerajinan tangan, membuat olahan makanan, keindahan panorama alam di sekitaran Borobudur, aktivitas fisik yang akan melibatkan langsung para wisatawan, juga experience menikmati pertunjukan kesenian daerah dari masyarakat sekitar.

“Dengan Adanya Balkonjazz Ini Bagi Kami Akan Menjadi Pengalaman Menarik Yang Bisa Wisatawan Dapatkan Ketika Melancong Ke Borobudur Maupun Yang Sedang Tinggal Sementara Di Balkondes.

Pengalaman Yang Nyaman Di Balkondes, Indahnya Panorama Alam Yang Tergambar Di Sekitarnya, Juga Sajian Musik Dari Para Musisi Besar Indonesia Akan Menjadi Pengalaman Yang Lengkap Dan Tidak Akan Terlupakan Yang Bisa Dinikmati Oleh Wisatawan Maupun Masyarakat Umum,”

Jelas Jatmika lagi.

Inisiator sekaligus Direktur Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo dari Sinergi Nusantara melanjutkan, festival ini merupakan proses kolaborasi antara musik dan budaya, yang mana nantinya diharapkan akan menjadi pemantik agar potensi ekonomi lokal akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Konsep besar yang dimiliki Balkondes, panorama alam yang indah, yang juga dikolaborasikan dengan sajian musik memukau dari para musisi hebat Indonesia akan menjadi daya tarik tersendiri yang mana pengalaman tersebut tak akan bisa didapatkan di tempat lain.

Read More >>

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp