Balkonjazz Siap Melestarikan Kearifan Lokal Nusantara

Kamis 25 Jul 2019 01:15 WIB
Rep: M Akbar/ Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Tak selamanya festival musik jazz hanya dapat dinikmati kaum urban saja. Balkonjazz Festival yang diinisiasi sekaligus digagas oleh Bakkar Wibowo dirancang untuk menyambangi desa-desa di Indonesia dengan semangat melestarikan kearifan lokal lewat kolaborasi musik dan budaya. “Kami ingin menyapa publik yang lebih luas,” kata Bakkar dalam perbicangannya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/7).

Sebagai langkah awal menyemaikan misi dari Balkonjazz tersebut, Bakkar akan menghajatnya di Balkondes Tuksongo yang berada di dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Festival yang akan dimeriahkan sejumlah musisi itu direncanakan mentas pada 14 September mendatang.

“Harapannya Balkonjazz Festival ini akan turut mempromosikan desa wisata di seputaran Borobudur,” ujar pria yang telah sukses membidani lahirnya Prambanan Jazz ini.

Sejauh ini Bakkar belum bersedia membocorkan line-up artis yang akan memeriahkan Balkon Jazz.  “Artisnya nanti kita announce pas acara konferensi pers pada 14 Agustus nanti,” katanya.

Namun Bakkar mengatakan misi besar dari Balkonjazz ini untuk mengakomodir atraksi budaya, kearifan lokal serta potensi destinasi wisata di sejumlah daerah di Indonesia.

“Kami berharap nantinya dapat muncul banyak festival di seluruh nusantara, entah musik atau budaya yang akan mampu ikut memberikan kontribusi, khususnya dalam dunia pariwisata” tuturnya.

 

Sumber asli: Republika

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp