Ingin Merasakan Sensasi Menjelajahi Rute Perjuangan Pangeran Diponegoro di Perbukitan Menoreh?

Sebuah volks wagen (VW) Safari merah dengan kap terbuka melintas pelan di depan homestay Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, akhir Agustus 2019. Di mobil VW Safari itu, pengemudinya membawa tiga traveler lokal berkeliling dari satu balai ekonomi desa (balkondes) ke balkondes lainnya.

Ada 20 balkondes dengan keunggulan masing-masing di seluruh Kecamatan Borobudur, yang juga memiliki candi Budha terbesar didunia, yakni Candi Borobudur.

Rumah joglo dengan latar-belakang Perbukitan Menoreh di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019).

Rumah joglo dengan latar-belakang Perbukitan Menoreh di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (1/9/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

 

Di Balkondes Giritengah misalnya, para traveler bahkan bisa merasakan serunya berpetualang menapaki jejak-jejak perjuangan Pangeran Diponegoro.

Desa Giritengah, salah satu Balkondes yang difasilitasi Kementerian BUMN RI, lokasinya berada tepat dibawah Perbukitan Menoreh.
Balkondes adalah balai ekonomi desa yang dibina oleh Kementerian BUMN RI menjadi desa mandiri dan bisa berkembang di kemudian hari.
Balkondes Giritengah terletak 6 kilometer dari Borobudur atau 8 kilometer dari pusat kota Magelang. Giritengah berada di kaki Perbukitan Menoreh di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki penggalan sejarah berharga.

Sejarah berharga yang dimaksudkan itu adalah tentang peperangan Pangeran Diponegoro.

Di Desa Giritengah ini pernah menjadi tempat pemberhentian Pangeran Diponegoro saat peperangan melawan Kolonial Belanda (Perang Diponegoro, 1825-1830).

 

Sumber asli:  wartakota.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Ingin Merasakan Sensasi Menjelajahi Rute Perjuangan Pangeran Diponegoro di Perbukitan Menoreh?, https://wartakota.tribunnews.com/2019/09/10/ingin-merasakan-sensasi-menjelajahi-rute-perjuangan-pangeran-diponegoro-di-perbukitan-menoreh.
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp